Kamis, 16 Maret 2017

Days 7 #Lavel2 T10 Apresiasi Kemandirian



Lavel 2 : Tantangan 10 hari Apresiasi Kemandirian (periode 23 Feb – 18 Maret 2017)

#Bunsay IIP Bogor 1 #Lavel2 T10 Days 7 #IrfahKhoirunisa

Kuliah Bunda Sayang IIP



Sebelumnya beberapa hari yang lalu saya ikut kursus masak membuat dimsum, setelah beberapa hari nyari waktu yang pas untuk mempraktekkannya. Dan akhirnya saya bisa mempraktekannya. Kali ini saya membuat hakau udang dan lumpiannya saja, untuk angsioe nya di lain waktu. Saya akan bocorkan resep hakau udang saat saya kursus, di tulisan sebelumnya saya hanya menuliskan resep angsioe kali ini hakau, berarti sudah dua resep yang ya yang saya share.

Resep Hakau Udang

Bahan A:
300 grm Udang Kupas, cincang kasar
1 sdm tepung sagu
1 sdm Minyak Wijen
½ sdt chicken powder
1 sdt Garam

Bahan B:
150 grm tepung Tang Mien
50 grm tepung sagu
2 sdm minyak sayur
250 ml air mendidih
¼ sdt Lada
½ sdt Gula



(kulit pangsit yang saya pakai untuk lumpia karena tidak mudah robek)

Rada susah juga nyari tepung tang mien di daerah saya, beberapa toko yang saya datangi tidak menjualnya. Tapi saya tetap bisa praktek, karena saat kursus saya sempet bawa tepung tang mien yang di berikan guru saya walupun tidak banyak. Setelah ikut kursus saya baru tahu ternyata dim sum ini masuk dalam kategari snack.

Selanjutnya saya praktekan Aduk semua bahan A hingga rata, lalu Campur tepung tangmien dengan tepung sagu, aduk rata. Dan Tuang minyak sayur kedalam air panas mendidih.


Selanjutnya Tuang campuran air dan minyak kedalam campuran tepung pertama (air harus benar-benar mendidih) tuang secara rata diseluruh tepung (jangan di satu titik), lalu aduk rata dengan centong kayu. Adonan akan terlihat menggerindil. Sempet khawatir berhasil atau tidak tapi gpp.. lalu Diamkan hingga hangat kuku. Pada saat didiamkan tutup wadah dengan serbet supaya permukaan adonan tidak mengering. Lalu Uleni adonan hingga kalis. Seperti menguleni roti dan Potong adonan kecil-kecil, gilas tipis sekali. Beri isi dan bentuk wiron hakau. Step terakhir Hakau siap dikukus selama 10 menit . 



Tidak ada komentar: